Translate

Kepenuhan Roh Kudus

Kepenuhan Roh Kudus ~ Landasan firman Tuhan untuk tema tersebut diambil dari kitab Kejadian 2:1-7. Dalam Kejadian 2:7, penulis kitab Kejadian dalam pimpinan, tuntunan, arahan, bimbingan dan ilham Roh Kudus, menulis: “ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup”.

Kepenuhan Roh Kudus adalah suatu peristiwa spiritual yang dialami oleh setiap orang yang percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadinya. Kepenuhan Roh Kudus adalah suatu peristiwa penting dalam perjalanan iman setiap orang percaya. Kepenuhan Roh Kudus adalah sangat penting bagi hidup rohani setiap orang Kristen.

Kepenuhan Roh Kudus adalah juga merupakan karya Allah bagi hidup setiap murid Kristus. Kepenuhan Roh Kudus adalah penentu pertumbuhan iman dan kedewasaan rohani dari gereja Tuhan. Pada sisi lain kepenuhan Roh Kudus adalah bagian integral bagi perkembangan gereja.


Meja, kursi, lemari, dan pintu adalah sebagian kecil dari hasil kerja seorang tukang kayu. Benda-benda itu diciptakan supaya dapat digunakan sesuai fungsi mereka masing-masing. Tukang kayu akan membuat sketsa desain, mengukur, memotong serta menggabungkan kayu untuk bisa ia bentuk sesuai keinginannya. Artinya setiap kali hendak membuat sesuatu, tukang kayu memiliki tujuan akan kegunaan benda tersebut. Tidak mungkin ia asal-asalan saat membuat sebuah benda.

Allah pun demikian, Dia memiliki tujuan ketika Dia menciptakan bumi beserta isinya. Bukan tanpa tujuan pula, manusia menjadi ciptaan terakhir dari rangkaian penciptaan Allah. Setelah dunia lengkap dengan isinya, barulah Allah menciptakan manusia. Begitu istimewanya manusia bagi Allah, Dia juga menciptakan manusia menurut gambar-Nya sendiri.

Berbeda dengan ciptaan-Nya yang lain yang diciptakan hanya dengan berkata-kata, Dia menciptakan manusia secara khusus. Allah membentuk manusia dari debu tanah dan kemudian menghembuskan nafas kehidupan. Saat itu sebenarnya Allah mengimpartasikan Roh-Nya untuk memenuhi hidup manusia; sehingga manusia bukan hanya menjadi hidup, tetapi juga beroperasi di dimensi yang sama dengan dimensinya Allah, yaitu dimensi roh. Kepenuhan Roh Allah yang diterimanya itu membuat Adam menjadi manusia yang penuh dengan kuasa, segambar dan serupa dengan Allah.

Kita pun diciptakan Allah dengan kapasitas untuk menerima kepenuhan Roh Allah. Roh manusia yang semula dipenuhi kemuliaan Allah memang telah mengalami kejatuhan saat manusia berdosa. Sehingga kini roh kita pun tidaklah sempurna. Namun ketika Roh Kudus turun ke atas kita, roh kita kembali diaktifkan.

Sehingga kita dapat kembali beroperasi dalam dimensi roh. Saat kita menerima kepenuhan Roh, tujuan Allah dalam hidup kita pun dipulihkan. Kita dapat melangsungkan kehidupan serta memenuhi tanggung jawab kita di muka bumi ini sesuai dengan rencana besar Allah.

Kepenuhan Roh Kudus adalah membantu setiap orang percaya untuk berfungsi secara maksimal di dunia ini. Pada sisi lain, kepenuhan Roh Kudus juga memberi kuasa rohani kepada setiap orang percaya untuk melakukan pekerjaan Tuhan di dunia ini. Kepenuhan Roh Kudus adalah cara Allah memperlengkapi umat-Nya untuk memberitakan Injil kepada segala makhluk.

Gereja tanpa kepenuhan Roh Kudus adalah gereja yang tidak berfungsi dengan baik. Pelayanan yang kita lakukan tanpa kepenuhan Roh Kudus adalah pelayanan daging bukan pelayanan rohani. Aktivitas rohani yang kita selenggarakan tanpa kepenuhan Roh Kudus adalah kegiatan agamawi dan perintah manusia saja.

Berdasarkan pemaparan di atas, maka kita bisa melihat bahwa sesungguhnya kepenuhan Roh Kudus adalah sangat fundamental bagi hidup dan pelayanan gereja di akhir zaman ini. Kepenuhan Roh Kudus adalah kuasa yang membuat gereja bertumbuh dan berkembang sebagaimana yang Allah kehendaki. Jadi, kepenuhan Roh Kudus adalah sangat penting bagi kita.

Post a Comment for "Kepenuhan Roh Kudus"