Translate

Berbuah Dalam Kasih Dan Perbuatan Baik

Berbuah Dalam Kasih dan Perbuatan Baik ~ Landasan firman Tuhan untuk renungan kita hari ini dengan judul berbuah dalam kasih dan perbuatan baik, diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat di Galatia. Demikianlah sabda Tuhan, “Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu” (Galatia 5:22-23).

Bacaan Alkitab Setahun: Daniel 1-3 

Di dalam kehidupan Kristen, kita dipanggil untuk lebih dari sekadar mengikuti aturan atau adat-istiadat gereja. Tuhan menginginkan kita untuk menghasilkan buah yang nyata dan bermanfaat, yang mencerminkan karakter-Nya. Salah satu aspek penting dari buah yang Tuhan inginkan adalah kasih dan perbuatan baik.

1. Kasih sebagai Fondasi Utama.

Kasih adalah buah Roh yang pertama disebutkan dalam Galatia 5:22-23. Kasih bukan hanya tentang perasaan yang kita miliki, tetapi tentang tindakan nyata yang keluar dari hati kita.

Dalam 1 Korintus 13:4-7, kasih digambarkan sebagai sesuatu yang sabar, murah hati, dan tidak mencemburui. Kasih yang sejati memotivasi kita untuk memperhatikan kebutuhan orang lain dan bertindak dengan cara yang membangun dan menguatkan hubungan.

2. Perbuatan Baik sebagai Manifestasi Kasih.

Perbuatan baik adalah ekspresi konkret dari kasih kita. Yakobus 2:14-17 mengajarkan bahwa iman tanpa perbuatan adalah mati. Ini berarti bahwa kasih kita harus terlihat dalam tindakan nyata.

Dalam Efesus 2:10, dikatakan bahwa kita adalah ciptaan baru dalam Kristus, diciptakan untuk melakukan pekerjaan baik yang telah Tuhan persiapkan sebelumnya bagi kita. Perbuatan baik bukanlah cara untuk mendapatkan keselamatan, tetapi merupakan hasil dari kasih yang kita terima dan hidupkan dalam hubungan kita dengan Tuhan dan sesama.

3. Menjadi Berkat bagi Orang Lain.

Ketika kita berbuah dalam kasih dan perbuatan baik, kita menjadi berkat bagi orang lain. Dalam Matius 5:16, Yesus mengajar kita untuk membiarkan terang kita bercahaya di hadapan orang-orang, sehingga mereka melihat perbuatan baik kita dan memuliakan Bapa kita yang di sorga. Buah kasih dan perbuatan baik yang kita hasilkan membawa dampak positif dalam kehidupan orang lain, dan pada akhirnya, membawa kemuliaan bagi Tuhan.

Doa:

Tuhan yang penuh kasih, terima kasih karena Engkau telah memberiku kasih yang tidak terbatas. Tolonglah aku untuk hidup dalam kasih-Mu dan menghasilkan perbuatan baik dalam setiap aspek kehidupanku. Biarlah hidupku menjadi kesaksian yang memuliakan nama-Mu dan membawa berkat bagi orang-orang di sekelilingku. Ajarilah aku untuk terus menerus berbuah dalam kasih dan perbuatan baik, sesuai dengan kehendak-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus, aku berdoa. Amin.

Selamat beraktivitas, tetap semangat dan selalu andalkan Tuhan Yesus. Kiranya Tuhan Yesus memberkati hidup, keluarga, pekerjaan dan pelayanan kita. Amin

Post a Comment for "Berbuah Dalam Kasih Dan Perbuatan Baik"