Translate

Mengampuni Dengan Hati Yang Tulus

Mengampuni dengan Hati yang Tulus ~ Landasan firman Tuhan untuk renungan kita ini dengan tema mengampuni dengan hati yang tulus, diambil dari surat rasul Paulus kepada jemaat di kota Efesus. Demikianlah sabda Tuhan, “Dan hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu” (Efesus 4:32).

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 25-28

Mengampuni adalah salah satu tindakan yang paling sulit, terutama ketika kita disakiti oleh orang lain. Namun, sebagai orang percaya, kita dipanggil untuk meneladani Kristus, yang telah mengampuni kita tanpa syarat. Pengampunan sejati tidak hanya terjadi di mulut, tetapi harus datang dari hati yang tulus.

Ketika kita menyimpan dendam, kita terjebak dalam siklus kepahitan yang bisa menggerogoti hati kita. Yesus mengajarkan kita untuk mengampuni bahkan musuh kita (Matius 5:44). Mengampuni tidak berarti kita mengabaikan kesalahan, tetapi kita memilih untuk melepaskan hak kita atas balas dendam dan menyerahkan segala sesuatunya kepada Tuhan.

Efesus 4:32 mengingatkan kita bahwa pengampunan adalah cerminan dari kasih Allah kepada kita. Jika kita menyadari betapa besar kasih dan pengampunan yang Tuhan berikan kepada kita, kita akan lebih mudah mengampuni orang lain dengan tulus. Saat kita mengampuni, kita juga membebaskan diri dari beban negatif dan membiarkan damai sejahtera Kristus menguasai hati kita.

Renungan:

Apakah ada orang yang perlu Anda ampuni hari ini? Mintalah Tuhan memberi kekuatan untuk mengampuni mereka dengan hati yang tulus, sebagaimana Kristus telah mengampuni Anda.

Doa:

Tuhan, ajar kami untuk mengampuni seperti Engkau telah mengampuni. Berikan kami hati yang tulus untuk melepaskan luka dan kepahitan, dan gantikan dengan damai sejahtera dan kasih-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.

Selamat beraktivitas, tetap semangat dan selalu andalkan Tuhan Yesus. Kiranya Tuhan Yesus memberkati hidup, keluarga, pekerjaan dan pelayanan kita. Amin…

Post a Comment for "Mengampuni Dengan Hati Yang Tulus"