Translate

Kasih Yang Mempersatukan Kita

Kasih yang mempersatukan kita ~ 11 Sebab inilah berita yang telah kamu dengar sejak semula, yaitu bahwa kita harus saling mengasihi; 12 bukan seperti Kain yang berasal dari si jahat dan membunuh adiknya. Mengapa ia membunuhnya? Sebab segala perbuatannya jahat dan perbuatan adiknya benar.

Ikatan persaudaraan tidaklah cukup untuk menjaga kesatuan, termasuk dalam keluarga. Dalam banyak kasus kita mendengar bagaimana seorang ayah membunuh anaknya sendiri atau sebaliknya seorang anak membunuh orang tuanya. Ada juga kasus kakak membunuh adiknya sendiri, sama seperti dalam kisah Kain dan Habel.

Yesus sendiri mengatakan bahwa akan ada masanya dimana anomia (LAI menerjemahkan “kedurhakaan”) semakin bertambah, sehingga kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin (Matius 24:12). Kejahatan makin meningkat dan hubungan antarmanusia semakin renggang.


Pada masa sekarang, kita mulai merasakan hal tersebut. Relasi dalam keluarga semakin longgar, sehingga perselisihan di dalam keluarga terkadang sulit dielakkan. Tuntutan zaman yang semakin besar menjadi salah satu penyebabnya. Tak jarang suami harus membawa urusan pekerjaannya ke dalam rumahnya, sehingga ia bisa menghindari istri dan anak-anaknya hanya untuk mengangkat panggilan telepon dari atasannya atau koleganya.

Istri juga demikian. Semakin banyaknya wanita karir membuat tuntutan kerja istri meningkat, sehingga sebagian besar perannya sebagai ibu tergantikan oleh asisten rumah tangga. Akibatnya, relasi antara ibu dan anak memudar, sebab anak lebih akrab dengan babysitter-nya daripada ibunya sendiri.

Belum lagi dengan semakin pesatnya teknologi, membuat sekat-sekat dalam keluarga semakin besar. Bapak sibuk bercengkerama dalam grup WhatsApp-nya sendiri, begitu juga ibu dan anak-anak. Percakapan langsung antara anggota keluarga menjadi semakin sedikit, sehingga ikatan kekerabatan hanyalah sebatas formalitas.

Karena itu, keluarga perlu menjaga kasih yang kuat antara satu dengan yang lainnya. Kasihlah yang dapat menjaga keutuhan relasi dalam keluarga. Jangan sampai urusan bisnis, pendidikan, dan urusan-urusan lainnya memadamkan kasih itu. Peliharalah kasih, bahkan perkuatlah kasih. Amin!

Pertanyaan-pertanyaan
Buatlah catatan waktu Anda bersama keluarga Anda. Cobalah hitung, berapa banyak waktu Anda gunakan untuk saling bercakap langsung antara Anda dan semua anggota keluarga Anda!

Dari sekian waktu tersebut, hitunglah berapa banyak percakapan yang berkualitas, yang memperkuat kasih, bukan yang justru merenggangkannya!
Buatlah komitmen bersama untuk terus menambah waktu berkualitas bersama anggota-anggota keluarga Anda!

1 comment for "Kasih Yang Mempersatukan Kita"

  1. Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31, sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

    Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha

    Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha "

    Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

    Terkadang pula ada sisipan kalimat Barukh seperti ini setelah diucapkannya Shema

    " . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
    ( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )

    Semoga bermanfaat.
    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜🕯️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🐏🐑🐐🐂🐎🦌🐪🐫🦁🦅🕊️🐍₪🇮🇱

    ReplyDelete