Translate

Karunia Roh Kudus

Karunia Roh Kudus ~ Landasan firman Tuhan untuk renungan kita ini diambil dari Injil Lukas 4:1-44. Kita telah membahas mengenai Karunia Keselamatan, Karunia Kerajaan Allah dan Karunia Penderitaan. Sekarang bantulah kita masuk dalam Karunia Roh. Apa itu Karunia Roh?

Memang banyak orang salah paham saat diajak untuk memasuki tahapan KARUNIA ROH. Sangkanya tahapan ini adalah tahapan yg hanya ditandai dengan baptisan roh, bahasa roh dan manifestasi roh.

Bukan hanya itu! Sebab kalau kita kaji Injil secara cermat, maka karunia dan karya Roh itu dimulai sejak seseorang mengalami kelahiran baru (Yoh 3:6) dan pada saat seseorang bersedia diutus untuk memberitakan Kerajaan Allah (Luk 9:1-2 dan Matius 28:18-22). Jadi karunia Roh itu diberikan oleh Allah sebagai TANDA (sign) kelahiran baru dan KUASA (wonder and miracle) dalam pemberitaan Injil Kerajaan Allah.


Jadi jika gereja hendak memasuki tahapan KARUNIA ROH, maka; Gereja harus di-LAHIR-kan BARU. Percakapan antara Yesus dengan Nikodemus sangat penting untuk kita perhatikan. Nikodemus adalah seorang Farisi, pemimpin agama Yahudi (yang dalam kisah ini merepresentasikan wajah agama) berhadapan dengan Yesus yang membawa ajaran baru yang penuh Roh dan kuasa.

Nikodemus yang kagum akan TANDA-TANDA dan KUASA yang menyertai ajaran Yesus, diajak oleh Yesus untuk memasuki tahapan kuasa Roh melalui kelahiran baru. Apa yang dilahirkan dari daging itu daging dan apa yang dilahirkan dari Roh adalah roh (Yoh 3:6). Apa itu dilahirkan oleh Roh?

Dalam kisah tsb Yesus memang tdk menjawabnya secara langsung tetapi keseluruhan kisah dalam Injil itulah jawabanNya. Kelahiran oleh Roh adalah MENGGENAPKAN ajaran ajaran yang sudah ada dalam Firman Tuhan, yang intinya: menyampaikan kabar baik bagi orang orang miskin, memberikan pembebasan kepada tawanan, penglihatan kepada yg buta, membebaskan yg tertindas dan memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang (Luk 4:18-19).
Lho..bukankah itu semua yg telah diajarkan oleh Nikodemus dan oleh agama?

YA benar hal itu telah diajarkan, tetapi tidak digenapkan! Agama (dan Gereja) masih sibuk di tahapan identitas (untuk menjadi siapa yang terbesar) sehingga tidak beranjak ke tahap berikutnya..tahap HADIR untuk mengGENAPkan inti ajaran FIRMAN bagi dunia. Padahal hanya melalui upaya menggenapkan ajaran Firman Tuhan itulah, kuasa dan Karunia Roh (baru) akan dinyatakan.

Post a Comment for "Karunia Roh Kudus"